Skip to content

emas, investasi jangka panjang

Jangan ragu untuk berinvestasi dalam bentuk emas, coba cek lagi harga mas beberapa tahun kebelakang,,?? Setiap tahun harga mas naik terus,,

Bila tujuan Anda berinvestasi emas adalah untuk keuntungan jangka pendek, biasanya akan sulit mendapatkan keuntungan kalau Anda investasi dalam bentuk emas perhiasan, karna harga emas dalam waktu yang singkat jarang naik malahan anda akan terkena potongoan ongkos bikin buat barang atau sebagainya.

Sewaktu Anda datang ke toko emas dan membeli emas perhiasan, Anda harus membayar harga emas perhiasan yang dibeli ditambah ongkos pembuatannya.

Dan nanti ketika suatu saat Anda mau menjualnya kembali, maka toko emas tidak akan mau membayar ongkos pembuatan dari perhiasan emas tersebut. Toko emas hanya akan membayar harga emasnya saja. Dan tidak semua toko emas mau menerima atau membeli emas perhiasan Anda. Beberapa toko emas kadang-kadang menolak pembelian emas perhiasan dari masyarakat. Penyebabnya bisa bermacam-macam, yang salah satunya adalah karena mereka takut kalau-kalau emas perhiasan itu tidak laku untuk dijual lagi karena model sudah ketinggalan jaman. Jadi kalaupun mereka membelinya lagi, mereka harus melebur emas tersebut. Atau bisa juga toko emas tidak mau membeli emas perhiasan pada saat itu dikarenakan harga emas sedang berfluktuasi naik turun dan mereka tidak mau membeli diharga tinggi. Jadi kemungkinan emas perhiasan Anda di hargai harganya lebih rendah dibandingkan harga emas pada saat Anda mau menjualnya, tekecuali untuk investasi jangka panjang maka anda akan merasakan kenaikan harga emas.

Pada tahun 2000 harga emas rata-rata adalah US$ 250 per troy ounce (1 troy ounce = 31,1 gram, adalah satuan berat internasional yg digunakan untuk emas) dan pada bulan april 2011 harga tertinggi emas setelah penulis lihat adalah melebihi US$ 1505 per troy ounce.Wow… sangat fantastis bukan??!! 

Berinvestasilah dalam jangka panjang bukan untuk jangka pendek terutama bila emas tersebut dalam bentuk perhiasan.karena emas dalam bentuk perhiasan tentu saja harganya sudah ditambahi biaya pembuatan,bila anda menjual perhiasan emas tersebut maka toko emas tidak akan membayar harga pembuatan perhiasan tersebut dan hanya membayar harga emasnya. 

Investasi emas yang baik adalah investasi emas dalam bentuk batangan.saat ini sudah tersedia berbagai macam ukuran beratnya,mulai dari kilogram sampai yg terkecil 2 gram atau 1 gram.Dan tidak seperti emas perhiasan emas batangan tidak meminta biaya pembuatan.

Jika anda membutuhkan emas sebagai perhiasan maka belilah emas kuning 24 karat tanpa berlian.Karena jenis ini yang paling dinilai tinggi oleh toko emas.

Sediakanlah dana darurat sebelum berinvestasi emas,besarnya dianjurkan minimal 5 kali lipat pengeluaran bulanan anda.Kegunaannya adalah apabila ditengah perjalanan anda membutuhkan dana yg memaksa maka anda tidak harus menjual emas anda.Ingat emas lebih menguntungkan bila disimpan dalam jangka panjang.

Anda juga bisa berinvetasi dalam bentuk koin emas ONH (ongkos naik haji).biasanya koin emas ini diminati sebagai alternatif investasi bagi yang ingin menabung dan mempersiapkan ibadah haji.Apabila anda menabung dalam bentuk mata uang maka pasti terkena inflasi jika anda menabung dalam bentuk emas maka sangat aman terhadap inflasi.

 Bila membeli emas bukan dari P.T. Logam Mulia, pastikan bahwa emas batangan 24 karat yang dibeli memiliki sertifikat ANTAM dengan kadar 99.99% serta nomor ID di sertifikat cocok dengan nomor di emas batangannya.

 Simpan emas anda dengan baik.Bisa beli brankas sendiri untuk dirumah, bisa ditambahi asuransi untuk berbagai macam resiko atau bila perlu menyewa SDB (safe deposit box).Tentu saja dengan perhitungan intung rugi yang bisa anda buat sendiri menyesuaikan berapa banyak emas yang anda miliki.

Oke, semoga anda dapat terinspirasi dan setidaknya menambah wawasan tentang dunia investasi jangka panjang yang berupa emas.

Kunjungi juga blog kami : http://tokomasinternational.blogspot.com

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: